Senin, 17 Oktober 2011

Gambaran Tingkat Kecemasan Siswi Kelas VIII Menjelang Menarche di SMP

Gambaran Tingkat Kecemasan Siswi Kelas VIII Menjelang Menarche di SMP:

Latar Belakang : Salah satu masalah kesehatan yang dialami wanita adalah perubahan fungsi "alat reproduksi" ketika menginjak usia remaja dan berhenti setelah mengalami masa menopause, maka pada setiap fase perubahan tersebut muncul gangguan kesehatan reproduksi yang perlu mendapat perhatian. Masa remaja atau pubertas adalah usia antara 10 sampai 19 tahun dan merupakan peralihan dari masa kanak-anak menjadi dewasa, peristiwa terpenting yang terjadi pada gadis remaja adalah datangnya haid pertama yang disebut menarche

Tujuan penelitian : untuk gambaran tingkat kecemasan siswi kelas VIII menjelang menarche di SMPN  14 Bandar Lampung tahun 2010.
metode penelitian: yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas VIII yang akan mengalami menstruasi kedua di SMPN 14 Bandar Lampung tahun 2010 sebesar 34 orang, besar sampel menggunakan total populasi. Alat pengumpul data lembar kuesioner. Analisa data menggunakan univariat dan bivariat dengan bantuan program komputer.

Hasil uji statistik univariat Kecemasan siswi Kelas VIII setelah mengalami menarche lebih tinggi pada kategori kecemasan sedang yaitu sebesar 13 orang (38,2%). Diharapkan petugas UKS di SMPN  14 Bandar Lampung dapat bekerja sama dengan guru dan orang tua di rumah untuk mensosialisasikan dan menjelaskan menstruasi dan penatalaksanaan gangguan-gangguan saat menstruasi secara jelas sehingga remaja lebih tenang dalam menghadapi menarche.

Kesimpulan : Kecemasan siswi Kelas VIII di SMPN  14 Bandar Lampung tahun 2010 setelah mengalami menarche lebih tinggi pada kategori kecemasan sedang. 

Kata Kunci : Pengetahuan, Menstruasi, Kecemasan Menjelang Menarche
Daftar Kepustakaan : 19 (2001- 2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA