Senin, 10 Oktober 2011

Pengetahuan Ibu Hamil Terhadap Dampak Mengkonsumsi Kopi Bagi Kehamilan

Pengetahuan Ibu Hamil Terhadap Dampak Mengkonsumsi Kopi Bagi Kehamilan:
Kopi merupakan minuman yang cukup dikenal oleh umat manusia. Tak seorang pun tidak mengenal kopi minuman ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. (Anonim, 2008). Di dalam kopi terdapat zat  yang bernama kafein. Masalah dapat timbul dari mengkonsumsi kafein selama hamil. Kafein dapat mengubah detak jantung bayi, kafein juga mengurangi kalsium dan air di dalam tubuh. Selain itu kafein meningkatkan hormone stress yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini akan mengurangi oksigen dan nutrisi yang masuk bagi bayi yang dikandung. Untuk mengurangi masalah ini cobalah mambatasi jumlah minuman berkafein menjadi 1-2 cangkir sehari (Whalley,dkk, 2008).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan bagaimana pengetahuan ibu hamil terhadap dampak mengkonsumsi kopi bagi kehamilan di BPS CH. Sudilah Ganjar Agung Kota Metro 2009. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau disebut juga dengan penelitian populasi yaitu seluruh populasi yang berjumlah 60 orang ibu hamil (Penelitian Populasi). Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner yang langsung diberikan pada responden.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa pengetahuan ibu hamil terhadap dampak mengkonsumsi kopi bagi kehamilan di BPS CH. Sudilah Ganjar Agung Kota Metro 2009 adalah sebanyak 14 orang ibu dengan pengetahuan baik (23,33%), 37 orang ibu dengan pengetahuan cukup (61,67%), 7 orang ibu dengan pengetahuan kurang (11,67%), dan 2 orang ibu dengan pengetahuan sangat kurang (3,33%)
Kesimpulan yang diperoleh adalah secara umum dari 60 ibu hamil yang diteliti dapat diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil terhadap dampak mengkonsumsi kopi bagi kehamilan di BPS CH. Sudilah Ganjar Agung Kota Metro memiliki pengetahuan yang cukup.

Kata Kunci : Pengetahuan, ibu hamil, dampak mengkonsumsi kopi 

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Ruang Lingkup Penelitian
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengetahuan 
B. Ibu Hamil
1.  Proses Kehamilan
2.  Perubahan Fisiologi Kehamilan
C. Kopi
1.  Pengertian Kafein
2.  Sumber Kafein
3.  Kopi Bagi Kehamilan 
D. Kopi Bagi Ibu Hamil
E. Dampak Kopi Pada Bayi
F. Kerangka Konsep Penelitian
G. Definisi Operasional 
BAB III METODELOGI PENELITIAN
A. Desain Penelitian
B. Populasi dan Sampel
C. Waktu dan Tempat Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Instrumen Penelitian dan Cara Pengumpulan Data
F. Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gamabran Umum Daerah Penelitian
2. Hasil Penelitian
B. Pembahasan 

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI