Selasa, 11 Oktober 2011

Pengetahuan Ibu Post Partum Primipara 3-6 Hari Tentang Bendungan ASI

Pengetahuan Ibu Post Partum Primipara 3-6 Hari Tentang Bendungan ASI:
ASI adalah makanan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi yang paling sempurna, baik kualitas maupun kuantitasnya. (Roesli, 2009). Pemberian ASI dapat saja terganggu apabila sang ibu mengalami gangguan saat masa menyusui. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah bendungan ASI. Gangguan ini dapat menjadi lebih parah apabila dialami oleh ibu yang baru pertama kali memiliki bayi (primipara) dimana mereka belum memiliki pengalaman akan pelaksanaan menyusui ataupun pencegahan dan perawatan pada payudara agar terhindar dari masalah-masalah tersebut.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat Gambaran Pengetahuan tentang Bendungan ASI Pada Ibu Postpartum 3-6 hari Primipara di RB Mutiara Ibu Kecamatan Seputih Mataram Lampung Tengah, dengan subjek penelitian adalah ibu postpartum primipara 3-6 hari dan objek penelitian pengetahuan ibu tentang bendungan ASI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi keseluruhan ibu postpartum 3-6 hari yang menyusui bayinya dengan paritas primipara  di RB Mutiara Ibu Kecamatan Seputih dan sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi yang ada dengan tehnik pengambilan sampel accidental sampling sejumlah 25 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner untuk mengukur tingkat pengetahuan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa sebagian besar dengan pengetahuan kurang yaitu sebanyak 12 orang ibu (48,00%), pengetahuan cukup sebanyak 11 orang ibu (44,00%), pengetahuan Baik sebanyak 1 orang ibu (4,00%) dan paling sedikit pengetahuan Tidak baik sebanyak 1 orang ibu (4,00%)
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah gambaran Pengetahuan Ibu Post Partum Primipara 3-6 hari tentang Bendungan ASI di RB Mutiara Ibu Kecamatan Seputih Mataram Lampung Tengah secara umum adalah dengan pengetahuan yang kurang.

Kata Kunci : Pengetahuan, primipara, bendungan ASI

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Ruang Lingkup Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengetahuan
2.2 Masa Nifas Postpartum
2.3 Primipara
2.4 Menyusui/Pemberian ASI kepada Bayi
2.5 Bendungan ASI

BAB III METODELOGI PENELITIAN
3.1 Metodologi Penelitian
3.2 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.3 Populasi dan Sampel
3.3.1 Populasi
3.3.2 Sampel
3.4 Variabel Penelitian
3.5 Alat Ukur dan Pengukuran Variabel
3.6 Tehnik Pengumpulan Data
3.7 Analisa Data
3.8 Kerangka Konsep
3.9 Definisi Operasional

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
4.1.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian
4.1.2 Hasil Penelitian
4.2 Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI